Kamis, 05 Juni 2008

karbu vakum kurang asik

Banyak pengguna Satria F150 kurang puas dengan performa karburator vakum bawaan pabrik (Mikuni BS26), salah satu keluhannya tarikan kurang responsif. Solusinya ganti karburator dengan tipe non-vakum, seperti karbu eks RX-King, NSR-SP, atau Ninja. Mengganti dengan tipe ini memerlukan pengetahuan dan sedikit kehati-hatian. Oleh karena itu sering ditemui keluhan soal setingan, juga box filter udara yang tidak dapat lagi dipake. Nah bagi pemakai/ calon pemakai karburator tipe ini, jangan keburu takut dengan kendala-kendala tersebut. Setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut ini pengalaman bro Frans from Bandung dalam meng'instal' karburator tersebut. I. Tahap Instalasi Memasang karburator ke arah manifold pasti tidak menjadi permasalahan karena mudah dilakukan. Sebaliknya memasang bagian selang karet ke Box Filter udara, setengah mati pasangnya. Jangan menyerah, ada caranya kok, begini caranya : i. Cabut selang karet filter dudukannya di box, selang ini dilem, tarik saja pelan-pelan, jangan sampai sobek karetnya. ii. Siapkan klem baru, karena diameter intake karburator Keihin ini agak berbeda jauh dengan karbu standard, model seperti klem pipa gas dengan diameter 2.5 bisa digunakan. iii. Lumuri karet filter dan intake karburator dengan oli. iv. Tempatkan karburator dengan intake menghadap ke atas. v. Masukkan klem ke slang karet. vi. Pasang selang karet ke intake, kencangkan klem begitu selang telah terpasang seluruhnya. vii. Install karburator ke manifold. viii. Lem kembali slang intake ke box filter udara dan kencangkan semua klem.
ix Tips: untuk memasang selang vakum ke kran bensin, gunakan selang pernapasan yang diberikan bersama karburatornya, untuk memperkecil diameternya, ke dalam selang dimasukkan selang oli samping yang diameternya lebih kecil, selang kecil ini dilem dengan superglue, lalu potong kelebihan selang. x Kabel gas, kabel gas harus diganti karena bentuk nepel yang berbeda dengan orisinil Satria. Karena bro Frans telah menggunakan grip gas dan switch eks Ninja, maka tinggal ganti dengan kabel gas orisinil Kawak Ninja. Instalasi setelah jadi bentuknya seperti ini: